Penyakit Paru-Paru Basah Pada Anak

Penyakit Paru-Paru Basah Pada Anak – Pernah mendengar istilah penyakit paru-paru basah? Yang terlintas di dalam otak kita adalah penyakit ini ditandai dengan paru-paru yang banyak cairannya dan basah. Penyakit paru-paru basahlah penyakit yang disebabkan karena terjadinya gangguan pada pari-paru yang menyebabkan potensi untuk bernapas menjadi susah dan sangat rendah. Biasanya gejala yang ditandai dari penyakit paru-paru basah ini adalah batuk, berkeringat, dan jantung yang berdegup kencang dan keras. Hal ini bisa saja terjadi saat batuk. Batuk yang terjadi bisa juga mengeluarkan darah secara terus menerus.

Penyakit Paru-Paru Basah Pada Anak

Penyakit Paru-Paru Basah Pada Anak

Penyakit Paru-Paru Basah

Penyakit paru-paru basah pada anak bisa terjadi melalui suatu proses yang singkat dan juga proses yang panjang. Biasanya pada proses singkat atau proses cepat, penyakit paru-paru basah ini terjadi karena pengembunan yang besar di dalam paru-paru yang penyebabnya adalah karena suhu badan yang mengalami penurunan dan juga suhu udara atau lingkungan udara yang dingin. Gelembung paru-paru akan mengalami pengembunana jika si anak keujanan terlal lama.

Kemudian gelembung ini tidak bisa menampung banyak udara karena pengembunan yang sudah mengisi gelembung pada paru-paru tersebut. Hal ini bisa membuat anak menjadi sulit untuk bernapas, dan masalah ini merupakan salah satu masalah yang sifatnya akut serta mendadak dan berbahaya.

Dibawah ini beberapa orang yang mempunyai resiko tinggi untuk mengalami paru-paru basah adalah :

  1. Usianya berada dibawah 1 tahun atau berada diatas 65 tahun
  2. Mereka yang merokok
  3. Sedang mengalami sakit pilek atau sakit flu
  4. Mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah akibat sedang melakukan terapi penyakit kanker, infeksi penyakit HIV atau juga jenis penyakit yang lain.
  5. Sedang menjalankan operaso
  6. Mempunyai masalah dalam penggunaan alkohol
  7. Mempunyai riwayat kesehatan penyakit jantung, penyakit paru-paru dan penyakit diabetes.
  8. Mempunyai masalah pada penyakir paru-paru kronis, penyakit asma atau juga jenis penyakit obsruktif kronik

Gejala Paru-Paru Basah

Gejala paru-paru basah yang terjadi adalah biasanya gejala paru-paru basah yang muncul akan bervariasi, semua tergantung dari penyebab yang menimbulkannya dan juga kesehatan umum dari seseorang yang menderita riwayat kesehatan radang paru-paru.

Gejala paru-paru basah yang terjadi adalah :

  1. Batuk
    Batuk yang  muncul biasanya disertai dengan adanya dahak, namun dahak yang keluar biasanya berwarna merah aatu juga kecokelatan, hijau, dan kuning sputum yang merupakan salah satu tanda dari terjadinya infeksi bakteri. Kemudian dahak tipis dan keputihan adalah salah satu indikasi bahwa kemungkinan adalah serangan Mycoplasma atau juga virus pneumonia.
  2. Penyebab paru-paru basah akibat bakteri akan menunjukkan semua atau juga sebagian dari paru-paru yang digunakan dengan perlahan dan juga berisi dengan cairan. Hal ini disebut dengan proses konsolidasi. Beberapa infeksi yang terjadi akibat bakteri di paru-paru kemudian akan berkembang selama beberapa jam saja. Dan biasanya gejala paru-paru basah yang muncul disertai dengan demam tinggi, terkadang juga suhu tubuh akan naik mencapai 40,9 derajat celcius.

Gejala paru-paru basah lainnya adalah :

  1. Sesak nafas
  2. Gemetaran
  3. Keringat dingin
  4. Mengalami sakit kepala
  5. Bingung atau cemas
  6. Bau mulut
  7. Nyeri sendi
  8. Lemah atau lelah maksimal
  9. Nyeri pada dada dan yang paling sering terjadi disaat sedang bernapas
  10. Bibir dan kuku yang berwarna agak kebiruan karena kurangnya oksigen di dalam darah.

Viral pneumonia sesungguhnya tidak akan menyebabkan paru-paru terisi oleh cairan, namun melainkan dari mengobarkan jaringan pada paru-paru tadi sendiri. Mereka biasanya akan lebih ringan dibandingkan dengan infeksi bakteri yang terjadi. Suatu pengecualian juka terjadi pada virus influenza yang bisa menjadi lebih serius lagi.

Diagnosis Paru-Paru Basah

Diagnosis yang ditegakkan pada penyakit paru-paru basah pada anak adalah dokter biasanya akan melakukan suatu pemeriksaan fisik dengan memeriksakan demam dan juga kelenjar yang mengalami pembengkakan. Dan selain itu juga dengan cara mendengarkan suara dari paru-paru menggunakan stetoksop. Sebagian besar dari infeksi yang terjadi karena bakteri dan juga dari beberapa virus yang bisa dideteksi secara dini dengan melihat dahak serta melakukan tes darah. Penumpukkan yang terjadi pada cairan paru-paru ini bisa terlihat dari sinar X dan juga CT scan.

Paru-paru basah yang disebabkan kakrena infeksi bakteri akan bisa dicegah dan disembuhkan dengan pemberian obat antibioti, seperti misalnya disebabkan karena mycoplasma. Hal ini sangat penting sekali untuk minum obat antibiotik sesuai resep dokter untuk membuat keadaan lebih baik lagi. Tidak ada jenis obat yang digunkan untuk infeksi virus yang biasanya paling cepat, namun biasanya hanya menunggu untuk kesembuhan saja.

Sedangkan penyakit paru-paru basah pada anak dalam proses panjang adalah ditandai dengan pertahanan tubuhnya melemah di mulai dengan batuk yang berdahak. Kemudian disaat tidur, si anak akan berkeringat. Dan keringat yang keluar adalah keringat dingin, kemudian paru-paru akan mengalami pengembunan dan setelah itu penyakit ini akan menjadi kronis.

Cara mencegah penyakit paru-paru basah pada anak bisa dilakukan dengan mandi menggunakan air hangat, jangan langsung tdur jika sesudah mandi. Jangan menggunakan kipas angin secara berlebihan disaat tidur, kemudian batlah ventilasi yang cukup dirumah. Lakukan aktivitas fisik yang perlu dilakukan secara teratur. Jangan biarkan perut sering dalam keadaan kosong.

Penyakit Paru-Paru Basah Pada Anak

 


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Penyakit Paru-paru, Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru, Flek Paru-paru, Paru-paru Basah, Radang Paru-paru dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Paru Paru Basah and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *