Tanda Dan Gejala Paru-Paru Basah

Tanda Dan Gejala Paru-Paru Basah – Paru-paru basah merupakan gangguan kesehatan yang diderita oleh seseorang yang berhubungan dengan kemampuan bernapas yang sangat rendah. Tanda dan gejala paru-paru basah penderita mengalami kesulitan bernapas sehingga ia bisa batuk, berkeringat dan jantung  berdebar-debar dengan keras dan sangat cepat. Mungkin saja, pada saat batuk keluar cairan darah yang tak henti-hentinya.  Seorang pasien pernah mengatakan bahwa keluarnya dahak bisa mencapai satu liter setiap pagi. Pasien sangat menderita pada saat menjelang pk. 03.00 sampai 09.00. Selama batuk penderita selalu berkeringat sampai bercucuran. Penderita paru-paru basah selalu terkesan gemuk,tetapi pucat dan terengah-tengah setiap saat.  Paru-paru terjadi melalui proses yang singkat namun juga bisa melalui proses yang panjang.

Tanda Dan Gejala Paru-Paru Basah

Tanda Dan Gejala Paru-Paru Basah

Tanda dan Gejala Paru-Paru Basah

Tanda dan gejala paru-paru basah proses cepat terjadi karena adanya  pengembunan yang cukup besar yang diebabkan oleh perbedaan suhu antara suhu badan yang panas dan suhu udara  atau lingkungan yang dingin. Misalnya , ketika seseorang kehujanan dalam waktu yang cukup lama sehingga terjadi pengembunan pada gelembung paru-paru ataupun pada rongga dada. Pengembunan tadi akhrinya mengisi gelembung paru-paru sehingga paru-paru  tidak bsa menampung banyak udara (O2 ketika seseorang tengah bernapas. Sedikitnya udara yang diisap akan membuat penderita sesak napas dan batuk. Paru-paru basah semacam itu bersifat akut (mendadak dan berbahaya).

Tanda dan gejala paru-paru basah terjadi dalam waktu yang lama dan panjang. Kemudian, penderita merasakan daya tahan tubuhnya melemah yang disertai batuk berdahak. Proses terjadinya adalah sering berkeringat dikala tidur. Keringat akan membuat tubuh bagian luar dingin, lama-kelamaan, sedikit demi sedikit paru-paru mengalami pengembunan dan akhirnya menjadi kronis. Lalu, si penderita akan mengalami  batuk sampai batuk menjadi kebiasaan. Biasanya batuk akan disertai keluarnya dahak dan sering sesak napas. Penyakit ini kronis  dan bisa bercokol lama sampai bertahun-tahun sehingga membuat tubuh semakin melemah.

Tanda dan gejala paru-paru basah :

  • Badan selalu berkeringat, sekalipun pada waktu tidur
  • Sesak nafas dan tak pernah merasa longgar
  • Mudah lelah
  • Mudah sekali mengantuk
  • Kalau tarik napas panjang ingin muntah

Gejala paru-paru basah yang terjadi pada anak juga harus lebih berhati-hati lagi. Gejala ini biasanya menunjukkan salesma dalam bentuk demam yang disertai dengan adanya batuk atau juga sakit pilek, sakit kepala dan nafsu makan yang menurun. Pada perkembangan yang selanjutnya, kemudian akan muncul suatu gejala yang muncul dari penyakit paru-paru basah seperti

  1. Sesak nafas atau nafas yang cepat
  2. Untuk anak yang berusia kurang dari 2 bulan, maka biasanya nafas yang terjadi akan lebih cepat lagi sebanyak 60 kali dalam 1 menit. Dan jika usianya mencapai 2-12 bulan, maka nafas menjadi lebih cepat 50 kali dalam 1 menit, sedangkan usianya menginjak 1-5 tahun, maka nafasnya akan lebih cepat paling tidak sekitar 40 kali semenit.
  3. Untuk kategori sesak nafas yang terjadi biasanya disertai dengan nafas pendek, hidung kembang kempis.
  4. Dan untuk kasus penyakit paru-paru basah yang berat, akan adanya suatu tarikan pada dinding dada dibagian bawah ke dalam atau TDDk, mengalami kejang, penurunan pada kesadaran dan juga suhu tubuh.

 Pencegahan Penyakit Paru-Paru Basah

Pencegahan paru-paru basah  adalah :

  • Mandi dengan air hangat
  • Jangan tidur sehabis mandi
  • Jangan menggunakan kipas angin sewaktu tidur
  • Rumah perlu berventilasi cukup
  • Sering melakukan aktivitas fisik secara teratur
  • Perut jangan terlalu sering kosong

Selain dengan memperhatikan cara mencegah tersebut, cara mencegah penyakit paru-paru basah yang lainnya adalah :

  1. Mengonsumsi buah-buahan, sayuran hijau yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh tetap fit secara fisik untuk memaksimalkan kondisi tubuh, dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat.
  2. Vaksinasi. Pemberikan vaksin pada sebagian besar penyakit paru-paru basah hampir tidak ada, namun terdapat dua jenis vaksin yang umum untuk vaksin virus influenza dan juga pneumococus yang bisa dicegah dengan menggunakan vaksin. Di negara Kanada, pemberian vaksin pneumokokus biasanya dikembangkan untuk anak-anak dengan tujuan untuk melindungi serangan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Streptococus pnemoniae yang sangat dianjurkan sebagai salah satu bagian dari seri utama imunisasi untuk bayi. Pemberian dari vaksin pneumokokus yang juga sangat direkomendasikan untuk mereka yang usianya lebih dari 65 tahun, dan juga untuk penderita penyakit jantung kornis dan juga penyakit paru-paru dan mereka dengan limpa yang sudah diangkat.
  3. Memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami batuk selama 3-4 hari dan menjadi semakin memburuk. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dengan melihat dahak yang disertai dengan darah, warnanya aneh dan juga bau busuk yang keluar. Bahkan jika penyakit ini dimulai dengan adanya demam, bakteri bisa menyebar lebih cepat dan mudah karena infeksi sekunder yang akan menyebabkan munculnya penyakit paru-paru basah yang lebih serius lagi.

Cara pengobatan paru-paru basah adalah :

  • Pijat pada bagian lutu ke bawah sampai ke telapak kaki.
  • Tekan pada celah-celah tulang kering dan tulang betis kurang lebih 10 menit kiri dan 10 menit kanan
  • Berdiri dengan posisi lutut dilipat setengah berdiri kurang lebih dari 10 menit.
  • Minum air hangat kurang lebih 1 gelas
  • Pijitan menggunakan minyak goring bersih
  • Oleskan minyak goreng pada badan (perut, dada, dan punggung) setiap malam ketika akan tidur
  • Terapi kurang lebih 3 hari 1 kali.

 Tanda Dan Gejala Paru-Paru Basah


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Penyakit Paru-paru, Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru, Flek Paru-paru, Paru-paru Basah, Radang Paru-paru dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Paru Paru Basah and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>